Frequently Asked Questions (FAQ)

Studyfrance merupakan lembaga konsultan pendidikan ke luar negeri khususnya Prancis, kami memfasilitasi para calon siswa/i yang ingin melanjutkan studi di Prancis pada jenjang D-3, S-1, S-2 serta orang-orang yang ingin memiliki sertifikat bahasa Prancis untuk keperluan di dunia profesional.

Kami membantu siswa/i untuk belajar bahasa prancis mulai dari level dasar (A1) hingga level lanjutan (C1). Kami menyediakan beberapa tipe kelas, sebagai berikut 

– Kids fun french atau kelas anak mulai dari usia 11 tahun, ditujukan untuk pengenalan bahasa asing

– Kelas privat untuk dewasa tanpa batasan usia, ditujukan untuk menambah skill bahasa asing

– Kelas ekstensif untuk dewasa tanpa batasan usia, ditujukan untuk menambah skill bahasa asing, tersedia kelas online dan offline dengan maksimal kapasitas 15 siswa

– Kelas intensif untuk dewasa tanpa batasan usia, ditujukan untuk mendapatkan sertifikat DELF/DALF sebagai syarat kuliah di Prancis, pembelajaran 6jam per hari selama 6 bulan, tersedia kelas online dan offline dengan maksimal kapasitas 7 siswa

– Kelas super intensif untuk dewasa tanpa batasan usia, ditujukan untuk mendapatkan sertifikat DELF/DALF sebagai syarat kuliah di Prancis, pembelajaran 4jam per hari selama 6 bulan, tersedia kelas online dan offline dengan maksimal kapasitas 7 siswa

Tidak perlu, setiap siswa/i bisa menyesuaikan kebutuhan pembelajaran masing-masing.

Kami memfasilitasi siswa/i yang ingin melanjutkan studi di Prancis mulai dari kursus bahasa, konsultasi jurusan dan universitas di seluruh Prancis, pengurusan dokumen terjemahan hingga asistensi selama kedatangan di Prancis. Jadi, mulai dari di Indonesia sampai di Prancis ditemani oleh tim Studyfrance.

Di Prancis, tidak ada ujian akademik seperti UTBK, SNBT dan lain-lain. Maka seleksi masuk universitas digantikan dengan 3 syarat, yaitu : Sertifikat DELF B1/B2 atau DALF C1, surat motivasi dan CV.

Prancis memberikan peluang daftar sebanyak 7 PTN pada jenjang S-1 dan S-2, 3 PTN di jenjang D-3, dan peluang daftar PTS tanpa batas.

Jenjang D-3 selama 2 tahun GRATIS tanpa beasiswa, jenjang S-1 selama 3 tahun mulai dari Rp 2.8jutaan, jenjang S-2 selama 2 tahun mulai dari Rp 4jutaan. Biaya kuliah di Prancis dibayarkan per tahun bukan per semester.

Banyak! Beasiswa tersedia untuk kuliah jenjang S-1 dan S-2.

Level sertifikasi Bahasa Prancis yang diakui di Prancis untuk keperluan pendidikan adalah A1, A2, B1, B2, C1, dan C2.

Biaya kuliah rata-rata di perguruan tinggi swasta di Prancis berkisar antara Rp 250.000.000 hingga Rp 400.000.000 per tahun, tergantung pada program dan jurusan yang dipilih.

Proses pendaftaran untuk jenjang D-3 dan S-1 di perguruan tinggi negeri Prancis dilakukan hanya satu periode setiap tahun, yaitu pada bulan November.

Pengganti ujian masuk seperti UTBK dan SBMPTN di Prancis adalah ujian Bahasa Prancis yang disebut DELF (Diplôme d’Étude en Langue Française atau Diploma Bahasa Prancis).

Studyfance menawarkan beberapa program persiapan bahasa untuk ujian DELF, termasuk Kelas Intensif selama 4 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan, Kelas Super Intensif selama 4 bulan dan 6 bulan, Kelas SuperFrench, serta Kelas Privat dengan materi pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Jadwal pelaksanaan kelas SuperFrench adalah pada Selasa & Kamis jam 19.00 – 21.00, dengan Batch 1 pada bulan Januari dan Batch 2 pada bulan Juli.

Profesi yang dapat dijalani dengan menguasai Bahasa Prancis termasuk menjadi diplomat/staf KBRI, interpreter pemerintahan/perusahaan Prancis, tour guide, guru Bahasa Prancis di International School, dan pekerja di perusahaan-perusahaan Prancis.

Program Super Intensif Juli (Offline) dimulai pada awal Juli 2024 dan berlangsung Senin sampai Jumat dari jam 09.00 hingga 16.00 dengan durasi 6 jam per hari, termasuk 1 jam istirahat.

Target ujian untuk program Intensif Juli (Online) adalah DELF B1 bulan November dan DELF B2 bulan Maret tahun berikutnya. Jadwal pendaftaran universitas adalah Oktober-November 2024 untuk S1 dan Februari-April tahun berikutnya untuk D3.

Program Super French Juli berlangsung pada Selasa & Kamis dari jam 19.00 hingga 21.00, total 4 jam per minggu, dan dilaksanakan secara online.

Perkiraan biaya hidup per bulan di Paris adalah antara €735 hingga €1085 (Rp. 11.800.000 hingga Rp. 17.400.000), sedangkan di luar Paris adalah antara €585 hingga €835 (Rp. 9.400.000 hingga Rp. 13.400.000).

Cara mengatasi biaya hidup yang tinggi di Prancis adalah dengan memanfaatkan subsidi tempat tinggal hingga 40% melalui CAF, bekerja part time dengan upah minimal €10/jam, dan menghitung akumulasi biaya hidup dengan mengurangi biaya apartemen setelah subsidi CAF dan menambahkan penghasilan dari kerja paruh waktu.

Sentrakota Jatibening Blok C/06RT001/RW003, RT.001/RW.003, Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi, West Java 17412